Atraktan, Menilik Peluang Bisnis Pembasmi Nyamuk Modern

Nyamuk adalah binatang yang seringkali mengganggu istirahat manusia. Bahkan beberapa jenis diantaranya membawa wabah penyakit dan menjadi penyebab kematian. Tentu keadaan yang membahayakan ini  membuat manusia berupaya sebisa mungkin untuk mencegah dan memberantas nyamuk sebelum menyerang mereka. Beberapa cara pun kemudian dilakukan manusia untuk terhindar dari bahaya nyamuk seperti dengan menguras tempat penampungan air, fogging hingga mengoleskan lotion pengusir nyamuk.
Usaha serius manusia untuk membasmi nyamuk akan memberikan peluang tersendiri bagi mereka yang jeli dan kreatif. Kondisi Indonesia yang beriklim tropis ini membuat populasi nyamuk sulit untuk dilenyapkan. Sebuah fakta yang menyatakan bahwa nyamuk betina yang mampu bertelur hingga 200 butir ini tentu semakin memambah besar peluang bisnis pembasmi dan pencegah nyamuk.
Dari sekian banyak cara mengusir nyamuk, cara konvensional dengan melakukan penyemprotan kini sudah mulai ditinggalkan karena faktor bahan kimia yang bisa mengganggu kesehatan. Maka kemudian saat ini muncullah cara modern yang disebut dengan atraktan, sebuah cara mengusir nyamuk dengan mengandalkan sebuah alat. Lalu seperti apakah peluang bisnis yang muncul dari alat pengusir nyamuk ini? Berikut ulasannya.

Atraktan Dan Cara Kerjanya

Atraktan adalah cara membasmi nyamuk dengan menggunakan sebuah alat modern dan terkini. Cara kerja atraktan adalah alat modern ini akan menarik perhatian nyamuk agar mau mendekat ke alat dan setelah nyamuk mendekat dan menyentuh alat maka nyamuk akan segera mati. Jenis produk atraktan sendiri kini sudah mulai bervariasi.
Ada jenis atraktan yang mengandalkan sinar ultraviolet dan gelombang elektomagnetik yang menyerupai suara nyamuk jantan untuk menarik perhatian nyamuk penggigit betina dengan alat pembunuhnya sebuah penghantar listrik, Ada juga atraktan yang memakai sinar ultraviolet saja namun sebagai alat pembunuh nyamuknya adalah putaran baling-baling kipas dan masih banyak yang lainnya.

Keunggulan Atraktan

Seperti disebutkan sebelumnya bahwasanya cara konvensional seperti melakukan penyemprotan memiliki kelemahan karena mengandung efek samping dari obat kimianya. Produk lainnya seperti lotion anti nyamuk juga dianggap membuat kulit tak sehat. Maka orang kemudian memilih alat pengusir nyamuk seperti raket nyamuk dan atraktan. Metode terakhir yaitu atraktan kini dianggap paling aman dan nyaman untuk mengusir nyamuk.
Keunggulan pembasmi nyamuk metode atraktan antara lain kemampuannya membunuh nyamuk tanpa memakai bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu atraktan juga membuat pemakainya nyaman karena tak harus capek-capek menggerakkan alat seperti pada raket nyamuk untuk membunuh nyamuk.

Biaya Dan Modal

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis atraktan ini Anda harus siap dengan modal sekitar Rp 50 juta hingga Rp 100 juta. Biaya sebesar ini akan digunakan guna menyiapkan bengkel dan peralatan produksi, seperti solder dan penyedot timah. Standar perhitungan dana untuk bisnis atraktan ini adalah sebesar 35% akan diserap untuk penyediaan bahan baku. Sisanya 35% akan digunakan untuk kegiatan pemasaran dan sisanya lagi 30% digunakan untuk upah tenaga kerja.
Untuk bahan baku antarakan sendiri tidak sulit untuk dicari. Yang sedikit sulit malah ada pada sumber daya manusianya, karena tidak semua orang bisa membuat alat atraktan ini. untuk itu dalam hal SDM (Sumber Daya Manusia), beberapa pebisnis atraktan  yang telah sukes menyarankan agar diberikan pelatihan terlebih dahulu dengan sebuah susunan standar operasi yang baku agar pelatihannya bisa berlangsung dengan cepat dan efektif.

Memperhatikan Desain

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis atraktan ini adalah desain atraktan. Karena alat ini adalah alat yang diam di suatu tempat, maka Anda harus mengusahakan sebaik mungkin agar desain atraktan Anda enak dipandang mata.
Jika Anda mampu cobalah alat atraktan yang Anda produksi ini sebagai alat yang juga berfungsi estetika disebuah ruangan. Jika Anda bisa mampu melakukannya, maka alat atraktan Anda akan memiliki nilai plus dari produk-produk sejenis dari para pesaing Anda.

Strategi Pemasaran

Seperti halnya bisnis lain, kegiatan #pemasaran adalah hal yang sangat penting. Beberapa konsultan bisnis menyarankan agar para pelaku bisnis atraktan melakukan metode pemasaran langsung terlebih dahulu.
Hal ini dikarenakan produk atraktan tergolong masih baru dan masyarakat harus diberi penyuluhan secara langsung dulu dalam hal penggunaannya. Pada saat nantinya produk ini sudah sangat populer, maka Anda bisa mengkombinasi teknik pemasaran Anda dengan teknik online marketing.
By: maxmanroe

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Atraktan, Menilik Peluang Bisnis Pembasmi Nyamuk Modern"

  1. Mohon informasinya dong min dimana saya bisa mendapatkan atraktan ini untuk membasmi nyamu-nyamuk yang ada?

    BalasHapus

.